Muraqobah (mawas diri)


Dari Umar bin Khatab :
sewaktu kami duduk-duduk bersama Rasul SAW pada suatu hari, lalu datanglah seorang pria sangat putih pakaiannya, hitam rambutnya & tiada bekas-bekas bepergian jauh serta tiada seorang pun dari kami yang mengenalnya; ia duduk mendekati Nabi SAW kedua lututnya disandarkan pada kedua lutut Nabi, dan kedua telapak tangannya diletakkan di atas kedua pahanya, kemudian bertanya: "jelaskan agama Islam kepadaku hai Muhammad! Rasul SAW menjawab: "Islam yaitu hendaklah kamu menyatakan bahwa tiada Tuhan yang lain kecuali Allah, dan Nabi Muhammad adalah Rasul Nya, lalu tegakkanlah shalat, bayarkanlah zakat, puasalah di bulan Ramadhan, dan tunaikanlah ibadah haji ke Baitullah kalau mampu di jalannya. Katanya: Betul engkau Muhammad. Dengan demikian kami ta'jub melihatnya, dia bertanya dan sesudah dijawab dia pula yang membenarkan.
selanjutnya pria itu bertanya lagi: "jelaskanlah Iman kepadaku! Rasul menjawab: "Iman yaitu: hendaklah kamu beriman kepada Allah, para malaikat Nya, kitab-kitab Nya, para Rasul Nya, hari akhir dan takdir baik atau buruk keduanya dari Allah SWT. Katanya: "betul engkau Muhammad".
kemudian pria itu bertanya lagi: "jelaskanlah "Ihsan" kepadaku! Rasul menjawab: "Ihsan yaitu: hendaklah engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat Nya, dan jika tidak mampu kau melihat Nya, maka ketahuilah bahwa Dia melihatmu. Dan katanya pula: "kapan terjadinya hari kiamat itu? Rasul menjawab: "orang yang ditanya tentang hal itu, tidak melebihi pengetahuan orang yang bertanya. Jika demikian; jelaskanlah tanda-tandanya saja! Rasul menjawab: "tanda-tanda hari kiamat itu: "jika seorang hamba sudah melahirkan majikannya, dan para fakir miskin yang tidak bersandal, tidak baik pakaiannya dan pekerjaannya buruh menggembala, mereka bersaing membangun rumah-rumah mewah. Akhirnya pria itu pergi, dan kami diam sebentar. Lalu beliau SAW bertanya: "hai Umar, siapakah orang itu? jawabnya: "Allah dan Rasul Nya lebih mengetahui. sahut beliau SAW: "itulah jibril datang ke tengah-tengah kamu mengajarkan tentang agamamu".
(HR. Muslim)

Comments :

0 komentar to “Muraqobah (mawas diri)”

Posting Komentar

Jadwal Sholat Wilayah Indonesia

Twitter

adgitize

 

revolver map

my ping box

Temanku