PERKASALAH DENGAN RENDAH DIRI DI HADAPAN ALLAH

SEMUT

Binatang ini sudah akrab dengan kita, di lingkungan sekitar rumah kita hampir bisa dipastikan binatang koloni ini. Dalam kehidupannya, ternyata binatang ini tersusun dari beberapa lapisan masyarakat berdasarkan tugas kerjanya, mulai dari ratu, pasukan dan pekerja, dan ini terorganisir dengan baik.

Kita sering melihat semut-semut lagi berusaha membawa sesuatu yang akan di bawa menuju sarangnya, bisa berupa remahan roti, daun, atau yang lainnya. Itulah semut pekerja.
Saya sering sembari bermain dengan anak melihat semut-semut di halaman rumah sedang membawa daun-daun muda yang sudah rontok ke dalam sarangnya, kalau diperhatikan, subhanallah! Pernahkan terbayang seberapa besar seekor semut pekerja membawa potongan daun muda tersebut, berat barang bawaannya bisa-bisa sekitar empat kali lipat besar tubuhnya. Kalau semisal dengan perhitungan skala besar badan semut berbanding dengan besar badan kita, dan kita harus mengangkat barang yang berskala besarnya sama dengan barang yang dibawa semut pekerja tersebut, pertanyaannya apa kita kuat? Kalau misalnya berat badan kita 70 Kg harus mengangkat barang seberat tiga kali lipat berat kita yaitu 210 Kg, apakah kita kuat? Satu dua orang mungkin kita masih menemukan, tapi di dunia semut kita bisa melihat banyak semut pekerja yang bisa melakukan ini, Subhanallah! Maha Suci Allah yang kuasa menciptakan makhluk kecil yang ternyata memiliki kekuatan melebihi manusia. Satu perhatian tambahan bagi saya, bahwa dengan memiliki kekuatan seperti itu, koloni semut ini masih bersedia bergaul bekerja sama dengan sesamanya, tanpa merasa lebih karena mereka seakan juga merasa kecil secara fisiknya dibandingkan dengan makhluk lainnya.

Comments :

0 komentar to “PERKASALAH DENGAN RENDAH DIRI DI HADAPAN ALLAH”

Posting Komentar

Jadwal Sholat Wilayah Indonesia

Twitter

adgitize

 

revolver map

my ping box

Temanku